Antropologi Kesehatan

Rp85,000

Category Tag

Best seller of the week

Description

Antropologi Kesehatan

Buku ini dirancang untuk dapat digunakan oleh  mahasiswa dan akademisi di bidang antropologi, kesehatan dan ilmu sosial, serta bagi siapa saja yang tertarik untuk mempelajari antropologi kesehatan. Setiap bab dilengkapi dengan ringkasan materi dan referensi yang dapat membantu pembaca dalam memahami dan mengembangkan pemahaman mereka tentang ruang lingkup buku ini.

Peran:

  1. Membantu kita memahami bagaimana masyarakat mengartikan dan memandang kesehatan serta penyakit. Keyakinan budaya, nilai-nilai, dan tradisi masyarakat mempengaruhi persepsi tentang etiologi penyakit, upaya pencegahan, dan pilihan pengobatan.
  2. Menganalisis sistem kesehatan tradisional dan modern dalam masyarakat. Dalam beberapa kasus, masyarakat masih mengandalkan pengobatan tradisional atau spiritual untuk mengatasi masalah kesehatan, sementara di tempat lain, sistem kesehatan modern menjadi dominan.
  3. Disiplin ini menyoroti bagaimana ketimpangan sosial, kemiskinan, dan disempowerment dapat berdampak negatif pada kesehatan individu dan kelompok. Hal ini membantu mencari solusi yang berkelanjutan dan adil dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.
  4. Mempelajari perilaku kesehatan dalam konteks budaya, seperti pola makan, aktivitas fisik, dan kebiasaan hidup sehari-hari yang dapat mempengaruhi kesehatan jangka panjang.
  5. Dalam merancang dan mengevaluasi program kesehatan, penting untuk memahami budaya dan konteks masyarakat yang menjadi sasaran. Antropologi kesehatan membantu mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan program dengan melihat aspek-aspek sosial dan budaya yang relevan.

Studi Kasus:

  1. Sebuah penelitian antropologi kesehatan di masyarakat pedesaan mengungkapkan bahwa pola makan tradisional yang kaya nutrisi mulai tergeser oleh makanan cepat saji dan produk makanan olahan. Penelitian ini membantu mendesak adanya kampanye kesehatan untuk mempromosikan kembali makanan tradisional yang sehat dan bergizi.
  2. Peneliti mempelajari praktik pengobatan tradisional di suatu komunitas yang masih sangat mengandalkan tumbuhan obat dan ritual spiritual. Penelitian ini menemukan bahwa praktik pengobatan tradisional ini masih menjadi pilihan utama dalam mengatasi masalah kesehatan.
  3. Sebuah penelitian pada masyarakat yang terkena penyakit menular mengungkapkan dampak stigma sosial yang sangat kuat.Sebagai informasi tambahan kunjungi juga rumah kami di https://selatmedia.com/wp-admin/post-new.php?post_type=product https://play.google.com/books/publish/a/16873735639190879701#home

Additional information

Dimensions 15.5 × 1 × 23 cm
Penulis

Ester, SKM., M.Kes., Buenita S., SKM., M.Kes., Siti Pangarsi Dyah Kusuma Wardani, S.SiT., M.K.M., Maria Goretik, S.ST., M.Kes., Khairiyatun Sholihah, S.ST., M.K.M., Ns. Fransiska Romina, M.Kep., Ns. Florida Listavia Panggus, M.Kep., Ns. Yustina Riki Nazarius, M.Kep., Mulyanti, S.Gz., M.Gizi., Ns. Nasrullah, S.Kep., M.Kes.

Jenis Kertas

Bookpaper 57 gram

Jumlah Halaman

viii + 123 halaman

Ukuran

15,5 x 23 cm

Kategori

Kesehatan

ISBN

978-623-88574-1-8

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Antropologi Kesehatan”

Your email address will not be published. Required fields are marked *