Pembangunan Berwawasan Lingkungan: Perspektif Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup

Rp80,000

Category Tag

Best seller of the week

Description

Pembangunan Berwawasan Lingkungan: Perspektif Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup

Pembangunan berwawasan lingkungan merupakan usaha meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan memerhatikan faktor lingkungan. Pembangunan berwawasan lingkungan dikenal dengan nama Pembangunan Berkelanjutan. Pembangunan Berwawasan Lingkungan adalah suatu upaya untuk melestarikan lingkungan dengan diadakannya suatu pembangunan yang didasari oleh sumber daya alam dan berada pada tempat yang indah dan sejuk jauh dari berbagai macam polusi guna untuk menjaga kelestarian alam dan membantu peningkatan sumber daya alam yang hampir rusak. Pembangunan berwawasan lingkungan pada dasarnya merupakan suatu upaya pembangunan yang berjalan berkesinambungan atau diistilahkan dengan pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Pembangunan berkelanjutan adalah suatu proses pembangunan yang memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia sebesar-besarnya, dengan menyelaraskan sumber daya alam dengan manusia sebagai subjek dan objek dalam pembangunan.

Pembangunan berwawasan lingkungan bercirikan, antara lain: 1) Menjamin pemerataan dan keadilan. Menjamin pemerataan di sini dimaksudkan bahwa dalam suatu pembangunan yang berwawasan lingkungan harus dilakukan atau dilaksanakan secara adil dan secara merata agar tidak merusak sumber daya alam yang ada di sekitar dan dapat digunakan pula bagi generasi mendatang; 2) Menghargai keanekaragaman hayati. Hal ini dimaksudkan, bahwa dalam suatu pembangunan yang berwawasan lingkungan harus saling menghargai satu sama lain. Keanekaragaman hayati menjadi contoh utama, dalam arti setiap perbedaan yang ada pada keanekaragaman hayati harus kita hargai dan harus saling menghargai satu sama lain; 3) Menggunakan pendekatan integratif. Ini dimaksudkan bahwa dalam suatu pembangunan berwawasan lingkungan harus berdasarkan pendekatan integratif atau yang sering dikenal sebagai pendekatan terpadu. Artinya, dapat memadukan berbagai pendapat masyarakat mengenai pembangunan yang berwawasan lingkungan; 4) Menggunakan pandangan jangka panjang. Ini dimaksudkan, bahwa pembangunan berwawasan lingkungan harus dapat digunakan dalam jangka panjang, artinya kalau membangun sumber daya alam harus dapat digunakan oleh generasi yang akan datang, mereka juga harus dapat merasakan suatu pembangunan yang berwawasan lingkungan. Pada proses pelaksanaannya pembangunan berkelanjutan harus memerhatikan pemanfaatan lingkungan hidup dan kelestarian lingkungannya agar kualitas lingkungan tetap terjaga. Kelestaraian lingkungan yang tidak terjaga, akan menyebabkan daya dukung lingkungan berkurang, atau bahkan akan hilang.

Sebagai informasi tambahan kunjungi juga rumah kami di https://selatmedia.com/wp-admin/post-new.php?post_type=product https://play.google.com/books/publish/a/16873735639190879701#home

Additional information

Penulis

Dr. Zoya F. Sumampow, M.Pd., Dr. Jeane Miera Mangangantung, S.Si., M.Pd.

Jenis Kertas

Bookpaper 57 gram

Jumlah Halaman

x + 128 halaman

Ukuran

15,5 x 23 cm

Kategori

Pendidikan

ISBN

978-623-8486-55-7

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Pembangunan Berwawasan Lingkungan: Perspektif Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup”

Your email address will not be published. Required fields are marked *