Pengantar Pendidikan

Rp85,000

Category Tag

Best seller of the week

Description

Pengantar Pendidikan

Makna pendidikan secara sederhana dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaannya. Dengan demikian, bagaimanapun sederhananya peradaban suatu masyarakat, di dalamnya terjadi atau berlangsung suatu proses pendidikan. Karena itulah sering dinyatakan pendidikan telah ada sepanjang peradaban umat manusia. Pendidikan pada hakikatnya merupakan usaha manusia melestarikan hidupnya. Pendidikan menurut pengertian Yunani adalah “pedagogik” yaitu ilmu menuntun anak, orang Romawi memandang pendidikan sebagai “educare”, yaitu mengeluarkan dan menuntun, tindakan merealisasikan potensi anak yang dibawa dilahirkan di dunia. Bangsa Jerman melihat pendidikan sebagai “erzichung” yang setara dengan educare, yakni membangkitkan kekuatan terpendam atau mengaktifkan kekuatan/potensi anak.

Dalam bahasa Jawa pendidikan berarti panggulawentah (pengolahan), mengolah, mengubah, kejiwaan, mematangkan perasaan, pikiran dan watak, mengubah kepribadian sang anak. Sedangkan menurut Herbart pendidikan merupakan pembentukan peserta didik kepada yang diinginkan si pendidik yang diistilahkan dengan educare. (M.R. Kurniadi,STh;1) Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, pendidikan berasal dari kata dasar “didik” (mendidik), yaitu memelihara dan memberi latihan (ajaran pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

Pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu. Pendidikan adalah suatu proses interaksi manusiawi antara pendidikan dengan subjek didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Proses itu berlangsung dalam lingkungan tertentu dengan menggunakan bermacam-macam tindakan yang disebut alat pendidikan. Istilah pendidikan adalah berasal dari Bahasa Yunani “paedagogie” yang akar katanya “pais” berarti anak dan “again” berarti bimbingan. Jadi “paedagogie” berarti bimbingan yang diberikan kepada anak. Dalam Bahasa Inggris pendidikan diterjemahkan menjadi “Education”. Education berasal dari Bahasa Yunani “educare” yang berarti membawa keluar yangtersimpan dalam jiwa anak, untuk dituntun agar tumbuh dan berkembang.

Sebagai informasi tambahan kunjungi juga rumah kami di https://selatmedia.com/wp-admin/post-new.php?post_type=product https://play.google.com/books/publish/a/16873735639190879701#home

Additional information

Penulis

E. Kristanti, S.Psi., M.A., Dr. A. Aisyah, M.Pd., Dr. Marhamah, S.Pd., M.Ed., Dr. Irwan Abbas, S.S., M.Hum., Bagus Aulia Iskandar, M.Pd., Muh. Zuhdy Hamzah, S.S., M.Pd., Irmawati, S.Pd.I., M.Pd., Dr. Sri Rejeki, M.Pd., Dr. Hasriani Ishak, S.Si., M.Sc., Dr. Andi Anirah. S.Ag., M.Pd.

Jenis Kertas

Bookpaper 57 gram

Jumlah Halaman

viii + 187 halaman

Ukuran

15,5 x 23 cm

Kategori

Pendidikan

ISBN

978-602-8749-23-7

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Pengantar Pendidikan”

Your email address will not be published. Required fields are marked *