Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Daftar isi adalah suatu daftar yang memuat judul-judul atau bab-bab yang ada dalam sebuah karya tulis, seperti buku atau laporan. Daftar ini biasanya ditempatkan di awal karya dan berfungsi sebagai panduan bagi pembaca untuk menemukan informasi yang diinginkan dengan cepat. Sangat berguna untuk membantu pembaca memahami struktur keseluruhan karya tulis dan menavigasi isinya.

Secara khusus, urutan umum bagian-bagian dalam sebuah buku atau dokumen adalah sebagai berikut:

  1. Halaman Judul: Halaman pertama yang berisi judul karya tulis, nama penulis, dan informasi lain yang relevan seperti nama penerbit, tahun penerbitan, dll.
  2. Halaman Pengesahan (jika ada): Halaman ini biasanya mencantumkan pernyataan bahwa karya tulis tersebut merupakan hasil karya penulis asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.
  3. Abstrak (jika ada): Ringkasan singkat dari isi karya tulis.
  4. Daftar Isi: Berisi judul atau bab beserta nomor halaman.
  5. Daftar Gambar, Tabel, atau Lampiran (jika ada): Beberapa dokumen memiliki daftar ini.
  6. Awal Isi: Bagian ini adalah tempat di mana isi sebenarnya dari karya tulis dimulai.

Nah kamu tidak perlu bersusah payah dalam membuat daftar isi, di Microsoft Word terdapat cara cepat yang dapat mempermudah kamu untuk membuatnya.

Simak caranya berikut ini:

1. Buat subjudul

Penerbit Pendidikan

2. Blok subjudul kemudian klik Heading 1 di bagian “Home”

Penerbit Pendidikan

3. Klik tab “Reference”. Kemudian Klik “Table of Contents” dan pilih Automatic Table.

Hasil daftar isi otomatis

4. Untuk memperbarui halaman dan Judul klik “Update Table”. Muncul pilihan perbarui nomor halaman saja (Update page number only) atau keseluruhan daftar isi (update entire table). Pilih salah satu sesuai dengan kebutuhan kamu.

Daftar isi berguna sebagai panduan membaca, menemukan refenrensi informasi, memahami hubungan antara berbagai bagian atau bab, membantu menemukan halaman dengan cepat, dan juga dapat mempermudah penyuntingan atau revisi bagi penulis.

Demikian informasi dan cara membuat daftar isi otomatis di word dengan mudah, semoga tips ini membantu.

BLOG

Related Articles

COMMENT

Post a Comments

A lectus ac pulvinar tincidunt accumsan. Ullamcorper dolor at lectus ac, sed facilisis hac. Molestie aliquam ut blandit nibh vulputate lectus in sit. Egestas in dolor dui purus tincidunt eget cras nisl est aliquam ut blandit nibh vulputate lectus ullamcorper.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *