William Wordsworth: Sebuah Profil Penyair Romantis Terkenal

William Wordsworth


William Wordsworth adalah salah satu penyair paling penting dalam sejarah sastra Inggris, yang dikenal karena kontribusinya terhadap gerakan Romantisme pada akhir abad ke-18. Lahir pada 7 April 1770 di Cockermouth, Cumberland, Inggris, Wordsworth tumbuh di tengah-tengah keindahan alam Lake District yang memengaruhi karyanya secara signifikan.

Awal Kehidupan dan Pendidikan

Wordsworth lahir dari keluarga tengah dan kehilangan ibunya pada usia dini. Ayahnya meninggal ketika Wordsworth berusia 13 tahun, yang mengakibatkan masa remajanya dipengaruhi oleh kesulitan keuangan. Pendidikan Wordsworth dimulai di sekolah dasar lokal, dan kemudian ia melanjutkan studi di St. John’s College, Cambridge, dengan bantuan beasiswa.

Pengaruh Romantisme

Wordsworth adalah salah satu tokoh utama dalam gerakan Romantisme, yang menekankan kebebasan ekspresi individual, koneksi dengan alam, dan perasaan yang mendalam. Dia bersama dengan sahabatnya, Samuel Taylor Coleridge, secara kolektif menerbitkan karya pertama gerakan tersebut, “Lyrical Ballads” pada tahun 1798. Koleksi puisi ini menggambarkan kehidupan sehari-hari dan pengalaman emosional manusia dengan bahasa yang sederhana dan dekat dengan alam.

Karya-karya

Beberapa karya paling terkenal dari Wordsworth termasuk “Lines Composed a Few Miles Above Tintern Abbey” (1798), “I Wandered Lonely as a Cloud” (1807), dan “Ode: Intimations of Immortality from Recollections of Early Childhood” (1807). Puisi-puisi ini menggambarkan hubungannya yang intim dengan alam serta refleksi mendalam tentang kehidupan, kematian, dan makna eksistensi manusia.

Akhir Kehidupan

Wordsworth menjalani sisa hidupnya di Lake District bersama dengan keluarganya. Pada tahun 1843, ia diangkat sebagai Poet Laureate, sebuah posisi kehormatan di Inggris untuk seorang penyair yang melayani sebagai penyair resmi negara. Dia meninggal pada 23 April 1850 di Rydal Mount, dekat Ambleside, Lake District. Keindahan, kesederhanaan, dan kebijaksanaan dalam karyanya membuat Wordsworth tetap relevan dalam perjalanan sejarah sastra.


Penerbit Selat Media

BLOG

Related Articles

COMMENT

Post a Comments

A lectus ac pulvinar tincidunt accumsan. Ullamcorper dolor at lectus ac, sed facilisis hac. Molestie aliquam ut blandit nibh vulputate lectus in sit. Egestas in dolor dui purus tincidunt eget cras nisl est aliquam ut blandit nibh vulputate lectus ullamcorper.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *